EFEKTIVITAS KOMBINASI TERAPI ULTRASOUND DAN MYOFASCIAL RELEASE TERHADAP PERUBAHAN NYERI MYOFASCIAL SYNDROME UPPER TRAPEZIUS PADA KARYAWAN TAMBANG BATUBARA DI SANGATTA KUTAI TIMUR

  • Neti Eka Jayanti Institut Teknologi Kesehatan Dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Fitrianty Fitrianty Institut Teknologi Kesehatan Dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Singgih Purnomo Institut Teknologi Kesehatan Dan Sains Wiyata Husada Samarinda

Abstract

Nyeri myofasial adalah suatu kondisi nyeri otot atau fasia, akut maupun kronik, menyangkut fungsi sensorik, motorik, atau otonom yang berhubungan dengan trigger points. Keadaan ini sangat mengganggu kenyamanan kerja dan produktvitas seseorang dalam menyelesaikan aktivitasnya setiap hari seperti timbulnya nyeri otot, rasa kesemutan, spasme pada otot, kelelahan, dan kontraktur otot.. Pekerja tambang batu bara di daerah Sangatta Kutai timur memiliki intensitas kerja tinggi sehingga potensial terjadi nyeri pada leher. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kombinasi terapi ultrasound  dan myofascial release tekhnique  terhadap perubahan nyeri pada kondisi myofascial pain syndrome otot upper trapezius pada karyawan tambang batubara. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga  Sangatta Kabupaten Kutai Timur, pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021 yang bersifat pre eksperimental dengan rancangan pre test and post test group design yang dilakukan secara purposive sampling. Hasil pengukuran dengan menggunakan metode VAS (Visual Analog Scale). Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Purposive sampling dengan jumlah pasien sebanyak 18 orang. Analisa data menggunakan uji hipotesis statistik parametrik yaitu uji paired sample t test.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan nyeri pada otot upper trapezius pada perlakuan kombinasi ultrasound dan myofascial release  nilai probabilitas (nilai p) sebesar 0,000.  Nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 (p< 0,05), dengan kesimpulan bahwa Kombinasi ultrasound  dan myofascial release  efektif  dan memberikan pengaruh terhadap perubahan nyeri akibat  myofascial syndrome  otot upper trapezius pada karyawan tambang batubara di Sangatta Kutai Timur.

Published
2021-09-24
How to Cite
JAYANTI, Neti Eka; FITRIANTY, Fitrianty; PURNOMO, Singgih. EFEKTIVITAS KOMBINASI TERAPI ULTRASOUND DAN MYOFASCIAL RELEASE TERHADAP PERUBAHAN NYERI MYOFASCIAL SYNDROME UPPER TRAPEZIUS PADA KARYAWAN TAMBANG BATUBARA DI SANGATTA KUTAI TIMUR. Jurnal Physio Research Center, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 71-80, sep. 2021. ISSN 2808-9294. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/Fisioterapi/article/view/758>. Date accessed: 08 dec. 2022.