PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF MELALUI PENDAMPINGAN LANSIA DENGAN METODE SENAM OTAK DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA NIRMALA PURI SAMARINDA

  • wahyu dewi sulistyarini Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Siti Mukharomah
  • Anggun Anggun
  • Sauriyah Astuti
  • Lisa Putri Pratama
  • Ernawati Ernawati

Abstract

Pendahuluan: Lansia mengalami proses penuaan yang mengakibatkan penurunan fungsi baik secara fisik maupun mental, salah satu penurunan yang dialami adalah penurunan fungsi kognitif. Hal tersebut akan mempengaruhi kualitas hidup dan menghambat pemenuhan kebutuhan serta aktifitas harian lansia. Penurunan fungsi kognitif sangat memerlukan penatalaksanaan, salah satu yang dapat dilakukan secara mandiri adalah senam otak. Metode: Kegiatan ini dilakukan untuk membantu lansia yang mengalami penurunan fungsi kognitif, dengan cara melakukan pendampingan dalam mempraktekkan senam otak selama 5 hari melalui edukasi dan mengajarkan secara mandiri gerakan- gerakan senam pintar pada lansia yang terdiri dari 4 jenis gerakan. Evaluasi: Evaluasi hasil capaian kegiatan ini dengan menggunakan instrument SPMSQ sebelum dan setelah kegiatan usai, dengan hasil terdapat peningkatan fungsi kognitif ditunjukkan dengan meningkatnya skor SPMSQ. Rekomendasi: Maka dengan hasil kegiatan ini perlunya pengurus panti sosial lansia untuk memberikan senam otak, mulai dari pelatihan dan pendampingan secara mandiri lansia yang dilakukan secara konsisten dan teratur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
SULISTYARINI, wahyu dewi et al. PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF MELALUI PENDAMPINGAN LANSIA DENGAN METODE SENAM OTAK DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA NIRMALA PURI SAMARINDA. Abdimas Medika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 33-38, aug. 2022. ISSN 2723-696X. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/abdimas/article/view/1009>. Date accessed: 05 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.35728/pengmas.v3i1.1009.