PENTINGNYA PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN RAPID ANTIGEN COVID-19 PADA MAHASISWA SEBELUM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM

  • Siti Raudah ITKES Wiyata Husada Samarinda

Abstract

Penyebaran COVID-19 di Indonesia saat ini mengalami peningkatan. Akibat tingginya peningkatan kasus COVID-19, salah satunya berdampak pada proses pembelajaran terkhusus praktikum laboratorium. Pada praktikum laboratorium mengukur keahlian dan keterampilan mahasiswa sangatlah dibutuhkan secara langsung. Sehingga kegiatan praktikum dapat dilakukan secara luring denganĀ  penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Hal ini sebagai upaya untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Sehingga penerapan praktik 3M harus perlu ditingkatkan pemahamannya kepada mahasiswa melalui sosialisasi dan edukasi dengan pemanfaatan media informasi. Untuk memastikan kesehatan, setiap orang yang masuk ke laboratorium harus dicek kesehatannya minimal dengan thermogun. Mahasiswa yang akan melakukan praktikum harus dalam kondisi sehat, sebagai skrining awal maka mahasiswa akan melakukan pemeriksaan rapid antigen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
RAUDAH, Siti. PENTINGNYA PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN RAPID ANTIGEN COVID-19 PADA MAHASISWA SEBELUM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM. Abdimas Medika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 39-44, aug. 2022. ISSN 2723-696X. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/abdimas/article/view/680>. Date accessed: 05 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.35728/pengmas.v3i1.680.