PENERAPAN ASUPAN NUTRISI SEHAT MENGHADAPI ERA NEW NORMAL PADA MURID DAN WALI MURID TAMAN KANAK-KANAK

  • Dony Setiawan hendyca Putra Politeknik Negeri Jember
  • Hendro Prasetyo Prodi D4 Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang
  • Moh Zaenal Abidin Politeknik Negeri Jember
  • Widatul Wahidah Dinas Pendidikan Kabupaten Jember

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang gizi seimbang dalam upaya meningkatkan ketahanan tubuh dalam menhadapi new normal di masa pandemi covid-19 ini,. serta memberikan tips agar keluarga tetap bisa beraktivitas tanpa merasa tidak berdaya. Pelaksanaan kegiatan direncanakan 2 kali kegiatan selama  2 minggu dan dimulai setelah rab disetujui anggarannya. Dengan adanya penyuluhan kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu ibu dalam menyediakan menu makanan dengan gizi seimbang untuk keluarga, terutama  menu bagi putra putrinya yang sekolah di TK  Darut Tauhid Al-Islami Bunder Desa Sumberpinang Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember..


Selain orang tua wali murid, yang tidak kalah pentingnya yaitu guru dan lembaga pendidikan serta yayasan sebagai publik figur dalam membiasakan murid agar terjadi perubahan perilaku hidup sehat dalam menghadapi new normal, maka selain pengetahuan dan perilaku hidup sehat juga  harus tersedia sarana-prasarana yang mencerminkan pola perilaku hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan dalam menghadapi new normal.


Metode yang dilakukan adalah dengan dengan memberi bantuan nutrisi berupa bahan makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh bagi putra dan putrinya yang sekolah di TK  serta diberikan edukasi dan penyuluhan kepada ibu-ibu wali murid, pihak lembaga yaitu guru dan yayasan serta murid- murid yang ada di TK Darut Tauhid Al-Islami Bunder Desa Sumberpinang kecamatan Pakusari. Evalusi yang diberikan adalah tentang gizi seimbang, kebiasaan hidup sehat pada masa pandemi covid-19 melalui pre test dan post test. Untuk mengetahui peningkatan kesehatan fisik dan pengetahuan ibu tentang gizi seimbang yaitu dengan observasi dan kuesioner pada ibu-ibu wali murid. Hasil luaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah laporan yang telah dipublikasikan di jurnal pengabmas, modul pembelajaran kepada masyarajkat dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman peserta sosialisasi penerapan asupan nutrisi sehat sebagai bentuk ketahanan tubuh dalam menghadapi new Normal  pada murid dan wali murid TK  Darut Tauhid  Al-Islami  dusun Bunder, desa  Sumberpinang, Pakusari , Kabupaten Jember.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-01
How to Cite
PUTRA, Dony Setiawan hendyca et al. PENERAPAN ASUPAN NUTRISI SEHAT MENGHADAPI ERA NEW NORMAL PADA MURID DAN WALI MURID TAMAN KANAK-KANAK. Abdimas Medika, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 8-11, aug. 2022. ISSN 2723-696X. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/abdimas/article/view/790>. Date accessed: 05 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.35728/pengmas.v3i1.790.