KETAHANAN DIRI PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI PENGOBATAN KEMOTERAPI : LITERATURE REVIEW

  • Wahyu Dewi Sulistyarini ITKES Wiyata Husada Samarinda
  • Erny Nury Nainggolan ITKES Wiyata Husada Samarinda
  • Siti Mukaromah ITKES Wiyata Husada Samarinda

Abstract

Latar Belakang: Setiap tahun lebih dari 185.000 wanita didiagnosis kanker payudara. Penatalaksanaan yang menjadi alternatif pilihan utama untuk mengatasi kanker adalah kemoterapi yang dapat menyebabkan penurunan kualitas hidup baik secara fisik,psikologis, sosial, dan spiritual sehingga pasien tidak bersedia melanjutkan kemoterapi. Pasien yang tidak melanjutkan kemoterapi juga menolak tindakan operasi, atau tidak berobat dapat menyebabkan cepat meninggal atau penyebaran penyakit lebih cepat, kualitas hidup lebih rendah. Tujuan: Diketahui ketahanan diri pasien dengan kanker payudara yang menjalani pengobatan kemoterapi. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian literature review dengan menggunakan search engine Google Scholar, Pubmed, dan DOAJ. Kata kunci yang dimasukkan ke dalam search engine atau database antara lain “self-resilience” or “breast cancer” or “chemotherapy”. Setelah membaca artikel dan menyeleksinya dengan menggunakan JBI critical appraisal tool didapatkan 11 artikel yang sesuai. Hasil: Cara pasien kanker payudara mempertahankan diri dalam menjalani pengobatan kemoterapi yaitu dengan beradaptasi terhadap kondisinya seperti tidak merasa malu dan terbebani terhadap penyakit yang dialami serta melakukan berbagai kegiatan sebagai distraksi. Kesimpulan: Dengan adanya dukungan berupa motivasi, saran maupun bantuan materi memberikan dampak positif pada kesehatan dan psikologis penderita sehingga pasien lebih kuat, optimis, semangat menjalani kemoterapi dan mampu bertahan melawan penyakitnya serta pemberian terapi non farmakologis terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan emosional subjek.

Published
2022-03-18
How to Cite
SULISTYARINI, Wahyu Dewi; NAINGGOLAN, Erny Nury; MUKAROMAH, Siti. KETAHANAN DIRI PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI PENGOBATAN KEMOTERAPI : LITERATURE REVIEW. Jurnal Keperawatan Wiyata, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 32-40, mar. 2022. ISSN 2774-9789. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/keperawatan/article/view/542>. Date accessed: 04 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.35728/jkw.v3i1.542.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.