MANFAAT SIKAP DAN POSISI ERGONOMI DALAM KESEHATAN KERJA DIBAWAKAN DALAM LIVE TALK SHOW RADIO ITKES WIYATA HUSADA SAMARINDA

  • Wahyuni Dwi Cahya ITKES WHS

Abstract

Talk Show Kesehatan dilakukan sebagai upaya untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sikap dan posisi kerja ergonomi. Setiap orang memerlukan sikap dan posisi kerja ergonomi pada saat melakukan pekerjaannya untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja. Sikap kerja duduk merupakan salah satu sikap kerja yang paling sering dilakukan. Jika sikap duduk tidak dalam posisi ergonomi maka tekanan tulang belakang akan meningkat dibanding berdiri atau berbaring sehingga dapat terjadi nyeri punggung bawah. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya penerapan sikap dan posisi kerja ergonomi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi melalui diskusi dan layanan interaktif tanya jawab dengan pendengar radio di rumah secara live di Radio Samarinda (91,7 FM). Hasil kegiatan ini adalah peserta yang mengikuti sosialisasi dapat memahami pemaparan yang sudah disampaikan. Peserta mampu mengetahui manfaat penerapan sikap dan posisi kerja ergonomi dan dampak masalah kesehatan jika tidak diterapkan sikap dan posisi ergonomi pada saat bekerja. Saran kegiatan ini adalah pemberian edukasi tentang sikap dan posisi kerja ergonomi sebaiknya diberikan secara berkala sebagai upaya pencegahan masalah kesehatan kerja di setiap tempat kerja.

Published
2021-11-18
How to Cite
CAHYA, Wahyuni Dwi. MANFAAT SIKAP DAN POSISI ERGONOMI DALAM KESEHATAN KERJA DIBAWAKAN DALAM LIVE TALK SHOW RADIO ITKES WIYATA HUSADA SAMARINDA. Jurnal Physio Education of Indonesia, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 81-90, nov. 2021. ISSN 2809-0772. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/pengmas_fisio/article/view/673>. Date accessed: 04 dec. 2022.