Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pembimbing Klinik dengan Pencapaian Target ANC di RSKDIA Siti Fatimah Kota Makassar

Penulis

  • Gita Masyita ITKES Wiyata Husada Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.35728/jkw.v4i1.1292

Kata Kunci:

mahasiswa

Abstrak

Sistem pendidikan nasional menekankan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Salah satu faktor yang paling mempengaruhi kompetensi klinik mahasiswa yaitu adanya dukungan pembimbing klinik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa kebidanan yang sedang menjalani Praktik Klinik Kebidanan (PKK) I ANC di RSKDIA Siti Fatimah Kota Makassar. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dan jumlah sampelnya 34 mahasiswi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa responden yang persepsi tentang pembimbing klinik baik berjumlah 25 responden, dimana terdapat 14 responden (56,0%) yang target ANCnya tercapai dan 11 responden (44,0%) yang target ANCnya tidak tercapai. Sedangkan responden yang persepsi tentang pembimbing klinik kurang berjumlah 9 responden, dimana terdapat 1 responden (11,1%) yang target ANCnya tercapai dan 8 responden (88,9%) yang target ANCnya tidak tercapai (p=0,047). Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan persepsi mahasiswa tentang pembimbing klinik dengan pencapaian target ANC di RSKDIA Siti Fatimah Kota Makassar. Diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara ikut aktif diskusi dan latihan bersama dengan pembimbing klinik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alifah, M., & Rochana, N. (2017). Hubungan Persepsi Mengenai Pembimbing Klinik Terhadap Pencapaian Kompetensi Klinik Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Online.

Bobaya, J., Kiling, M. A., Laoh, J. M., & Losu,

N. (2015). Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Pembimbing Klinik dengan Pencapaian Target Praktek Klinik Keperawatan Medikal Bedah di Badan Layanan Umum RSUP Prof. Dr.

R.D. Kandou Manado. Juiperdo, Vol 4, No. 1.

Marliani, R. (2014). Psikologi Umum.

Bandung: CV. Pustaka Setia.

Notoatmodjo, S. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pudiastuti, R. D. (2012). Asuhan Kebidanan pada Ibu Hamil Normal dan Patologi. Yogyakarta: Nuha Medika.

Purwoastuti, T. E., & Walyani, E. S. (2014). Konsep Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Pusdiknakes. (2005). Standar Pembelajaran Praktik Kebidanan. Jakarta: Departemen Kesehatan.

Puter, M. C. (2016). Manajemen Pembelajaran Klinik Kebidanan pada Mahasiswa Diploma III Kebidanan Di Banjarmasin. Rakernas Aipkema.

Robson, S. E., & Waugh, J. (2013). Patologi pada Kehamilan (Manajemen & Asuhan Kebidanan). Jakarta: EGC.

Setiawan, D., & Prasetyo, H. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan Untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunaryo. (2014). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Supardi, S., & Rustika. (2013). Buku Ajar Metodologi Riset Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.

Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi : Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Walyani, E. S. (2014). Buku Ajar Lengkap Kebidanan Komunitas (Teori, Aplikasi dan Askep). Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-03-05

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama