PENGARUH PEMBERIAN TERAPI KOMPLEMENTER OBAT HERBAL SEDUHAN DAUN SALAM (Eugrnia polyantha Wight) TERHADAP KADAR ASAM URAT LANSIA

Authors

  • Hanny Rasni Departemen Keperawatan Komunitas, Keluarga dan Gerontik. Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Fahruddin Kurdi Departemen Komunitas, Keluarga dan Gerontik, Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Indonesia
  • Laraswati Ayuning Luky Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Putu Annesia Warsito Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Imaniar Rosyida Pendidikan Profesi Ners, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.35728/jmkik.v7i2.1011

Keywords:

Asam Urat, Daun Salam, Eugrnia polyantha Wight, Lansia

Abstract

Pendahuluan : Lansia mengalami banyak penurunan fungsi fisiologis dan kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan adanya penumpukan kadar asam urat tubuh yang berlebih sehingga dapat menyebabkan berbagai keluhan sehingga dapat menganggu aktivitas sehari- hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi komplementer pemberian obat herbal Daun Salam terhadap kadar asam urat lansia.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain quasy experimental menggunakan pendekatan one group pre test-post test dengan menggunakan teknik total sampling pada 13 lansia yang ada di Wisma Teratai PSTW Puger, Jember. Lansia diukur kadar asam uratnya pada hari pertama kemudian diberikan intervensi dan kembali diukur setelah 3 hari pemberian. Data yang didapatkan diolah menggunakan uji T-Test dependent untuk mengetahui pengaruh dari pemberian terapi komplementer obat herbal rebusan daun salam.

Hasil : Lansia di Wisma Teratai PSTW Puger berjenis kelamin perempuan (61,5%) dengan rentang usia terbanyak merupakan lansia young old dengan rentang usia 66-74 tahun (61,5%), dan keluhan yang paling banyak dirasakan adalah pusing, linu dan sulit tidur (27,3%). Analisa data dengan menggunakan T-test dependent dengan menggunakan 95% CI didapatkan p value 0,009. Hasil tersebut menggambarkan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian terapi komplementer obat herbal rebusan daun salam terhadap kadar asam urat lansia setelah diberikan intervensi selama 3 hari berturut-turut.

Pembahasan : kadar asam urat yang tinggi pada lansia dapat diturunkan dengan menggunakan bantuan terapi non farmakologi obat herbal daun salam yang memiliki kandungan untuk membantu mengatasi permasalahan kadar asam urat yang tinggi.

Kesimpulan dan saran : penggunaan terapi non farmakologi obat herbal dapat lebih efektif dan efisien apabila diiringi dengan pengelolaan gaya hidup yang seimbang dan baik sebab tingginya kadar asam urat pada lansia juga dapat dipengaruhi oleh pola konsumsi yang tidak taat.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-13