The HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG KONSUMSI VITAMIN A DI PUSKESMAS BAAMANG II KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

  • aris noviani STIKes Mitra Husada Karanganyar

Abstract

ABSTRAK


 


Suplementasi vitamin A pada ibu nifas merupakan salah satu program penanggulangan kekurangan vitamin A. Cakupan ibu nifas mendapat kapsul vitamin A adalah cakupan ibu nifas yang mendapat kapsul vitamin A dosis tinggi (200.000 SI) pada periode sebelum 40 hari setelah melahirkan.  Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan tingkat pendidikan dan pengetahuan ibu nifas tentang konsumsi vitamin A di Puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah Analitik Deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sample menggunakan total sampling, sampel sebanyak 32 responden. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner yang dibagikan kepada ibu nifas di Puskesmas Baamang II Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun 2018. pada tanggal 5 April – 1 Juni 2018. Uji analisa yang dipakai Range Spearman. Hasil penelitian ini diperoleh nilai Range Spearman dengan tingkat kepercayaan 0,05 dan derajat kebebasan 2, diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,864. Artinya tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel tingkat pendidikan dengan tingkat pengetahuan adalah sebesar 0,864 atau sangat kuat. Diharapkan semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang maka tingkat pengetahuan ibu nifas tentang konsumsi vitamin A akan semakin baik.


 


Kata Kunci : Pendidikan, Pengetahuan, Ibu Nifas, Komsumsi Vitamin A


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-08
How to Cite
NOVIANI, aris. The HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN IBU NIFAS TENTANG KONSUMSI VITAMIN A DI PUSKESMAS BAAMANG II KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR. Jurnal Medika : Karya Ilmiah Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-7, june 2022. ISSN 2654-945X. Available at: <http://jurnal.itkeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/990>. Date accessed: 05 dec. 2022. doi: https://doi.org/10.35728/jmkik.v7i1.990.