Studi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Laboratorium di UPTD Puskesmas Lempake

Penulis

  • Edison Harianja Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Maya Tamara Mawardani Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda
  • Sarifah Ratna Sari Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Wiyata Husada Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.35728/jutelmo.v4i1.1521

Kata Kunci:

Indeks kepuasan masyarakat, pelayanan laboratorium, puskesmas

Abstrak

Kepuasan pasien merupakan cerminan dari mutu pelayanan kesehatan yang mereka terima. Untuk mengetahui kinerja pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat, perlu dilakukan penelitian atas pendapat masyarakat terhadap kepuasan pelayanan di laboratorium. Dengan berdasarkan Keputusan Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : Kep/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyususnan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah untuk melakukan pengukuran atas indeks kepuasan masyarakat akan pelayanan publik. Kemudian ke-14 indikator yang akan dijadikan instrument pengukuran berdasarkan kepuasan mentri pendayagunaan aparatur negara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks pelayanan yang paling baik di laboratorium serta untuk mengetahui indikator pelayanan yang kurang baik di laboratorium UPTD Puskesmas Lempake. Metode yang digunakan adalah teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan Non Probability Sampling dengan jumlah 150 orang dari pasien laboratorium di UPTD Puskesmas Lempake. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2018. Data yang telah didapatkan akan dianalisis secara deskriptif dan dilakukan perhitungan dengan nilai IKM atau Indeks Kepuasan Masyarakat. Hasil penelitian berdasarkan Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Laboratorium di UPTD Puskesmas Lempake Samarinda adalah 75,87 dengan kinerja pelayanan baik. Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan Laboratorium di UPTD Puskesmas Lempake Samarinda adalah 75,87 dengan kinerja pelayanan yang baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hadiatussaniah, 2016. Studi Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan di Unit Laboratorium UPTD Puskesmas Wonowerjo Samarinda. Samarinda

Lestari D, DKK. 2015. Indikator user satisfaction dalam layanan Elearning. Jurnal keperawatan. Jurusan Pendidkan Matematika FMIPA UNY

Kemenkes RI, 2015. Pmk No. 46 Ttg Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Academia.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, 2017. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Mulyati, L. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Rawat Inap Dengan Indeks Kepuasan Masyarakat Puskesmas Wonosari. Jurnal Keperawatan Profesional, 8(2), 16-23.

Mutia, Siti Maulina. (2020). Gambaran Pengetahuan Sikap Dan Tindakan Pasien Rawat Jalan Terhadap Penggunaan Antibiotik Di Puskesmas Pintu Pohan Meranti Toba Samosir.Medan: Poltekkes Medan

Nursalam, 2011. Metodologi Penelitian Pendekatan Pasien. Universitas Airlangga.

Peraturan Menteri Kesehatan Ri No 43 Tahun 2019. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Ri No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas. Peraturan Menteri Kesehatan Ri No 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas, Nomor 65

Yuwono, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya. Arkola

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31