Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Laboratorium Pada Pemeriksaan Kimia Klinik di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Samarinda
DOI:
https://doi.org/10.35728/jutelmo.v5i1.1865Keywords:
Waktu tunggu, kimia klinik, kepuasan, pelayanan laboratoriumAbstract
Penelitian mengenai waktu tunggu laboratorium kesehatan sangat penting untuk beberapa alasan krusial yaitu identifikasi kinerja yg terhambat, perencanaan kapasitas laboratorium dan peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pemeriksaan kimia klinik dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan laboratorium. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif analitik yang bersifat kuantitatif menggunakan pendekatan cross-sectional. Dari hasil observasi terhadap 80 responden pengguna jasa laboratorium diperoleh waktu tunggu pada tahap pra analitik 4.76 menit, tahap analitik 41.29 menit, dan tahap pasca analitik 6.49 menit. Didapatkan rata-rata total waktu tunggu pelayanan untuk pemeriksaan kimia klinik adalah 52.54 menit. Hasil skoring kuisioner kepuasan pasien terhadap waktu tunggu berdasarkan kriteria penilaian didapatkan nilai BAIK sejumlah 77 orang (96.25%), nilai CUKUP sejumlah 3 orang (3.75%), dan nilai KURANG 0.0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa total waktu tunggu laoratorium masih memenuhi standar waktu tunggu yang ditetapkan oleh UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kota Samarinda yakni sebesar 120 menit dan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomor 129/MENKES/SK/II/2008 yakni ≤ 140 menit. Kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pelayanan laboratorium adalah sebagian besar pasien merasa puas dan memberikan penilaian baik.
Downloads
References
Asnaini. (2008) Mentri Kesehatanrepublik Undonesia No. 129 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.Jakarta
Letelay, J. F., Masyarakat, F. K., & Hasanuddin, U. (2021). PADA MASA PANDEMI COVID-19.
Paramitha, D. S., & , Pramono Hari Adi, B. A. (2021). Persepsi Pasien Terhadap Pelayanan Laboratorium Klinik an Nur Cilacap. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, 23(4), 1–16.
Pemeriksaan, H., Klinik, L., & Rsud, D. I. (2021). Journal of Healthcare Technology and Medicine Vol. 7 No. 2 Oktober 2021 Universitas Ubudiyah Indonesia e-ISSN : 2615-109X. 7(2).
Rahma, F. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Laboratorium Patologi Klinik Terhadap Keputusan Pasien rawat jalan di rumah sakit Al islam bandung. (Journal of Hospital Administration PPT ARSI) Abstract, 1(1), 1–13.
Rembet, M., Mulyadi, N., & Malara, R. (2015). Hubungan Response Time Perawat Dengan Tingkat Kepercayaan Keluarga Pasien Pada Triase Kuning (Urgent) Di Instalasi Gawat Darurat Rsu Gmim Kalooran Amurang. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 3(2), 105854.
Rosita, B., & Khairani, U. (2018). Analisis Lama Waktu Pelayanan Laboratorium Di Rumah Sakit Umum Daerah Pasaman Barat. 5.
Santoso, T. T., Fikri, Z., & Jiwantoro, Y. A. (2021). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram. 8(1), 13–16.
Wahyuni, S. (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Laboratorium Di Puskesmas Pariaman. STIKes Perintis Padang 21(1), 1–9.
Sriatmi, A. (2003). Analisa Faktor-faktor yang Berhubungan Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Balai Laboratorium Kesehatan Semarang 2003 (Issue 1, pp. 25–32).
Suprayogi, E., Hartono, B., & Nurwanto, T. (2020). Peningkatan mutu dan kemampuan Pelayanan Laboratorium di RS Harapan Sehati. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 7(1), 28–32.
Tuswoyo, Maesarini, I. W., & Rohmah, E. N. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Puskesmas Kebon Kosong 1 Kelurahan Kebon Kosong Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. 1–74.
Wuryaning Lestari, E. I., Yuniarti, T. P., & Agrawati, A. L. (2014). Pengembangan Laboratory Information System untuk Memperbaiki Waktu Tunggu Layanan. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 28(1), 53–57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kamil Kamil, La Ode Marsudi, Maya Tamara Mawardani, Welin Kalinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
